Sejarah Mobil yang Wajib diketahui








Sekilas Sejarah Mobil


Mobil ( bahasa Belanda: automobiel) merupakan kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda 4 ataupun lebih ( senantiasa genap), umumnya memakai bahan bakar minyak ( bensin ataupun solar) buat menghidupkan mesinnya. Mobil pula memiliki standar. Mobil kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani autos ( sendiri) serta Latin movére ( bergerak). Mobil pula memiliki standar semacam motor roda 2.

Kendaraan awal yang bekerja dengan uap bisa jadi awal kali didesain oleh Ferdinand Verbiest, dekat tahun 1672. Dia mendesain mainan kendaraaan berdimensi 65 centimeter buat kerajaan Tiongkok, yang tidak dapat bawa penumpang. Tidak dikenal apakah model kendaraan yang terbuat Verbiest sempat dibuat ataupun tidak.

Tahun 1752, Leonty Shamshurenkov, seseorang berkebangsaan Rusia, membuat konstruksi suatu kendaraan bertenaga manusia. Dia pula memenuhi kendaraan buatannya dengan odometer. Kendaraan yang dia buat mirip dengan suatu kereta salju.

Kendaraan tenaga uap awal terbuat pada akhir abad 18. Nicolas- Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan roda 3 itu pada tahun 1769. Kendaraan awal memakai tenaga mesin uap, bisa jadi kenaikan mesin uap yang sangat diketahui, dibesarkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society. Serta pula di Birmingham mobil tenaga bensin awal kali terbuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang pula mematenkan rem cakram. Pada tahun 1890- an, etanol digunakan bagaikan sumber tenaga di Amerika Serikat.

Sejarah Mobil
Mobil klasik

Kepopuleran Mobil


Temuan Cugnot penggunaannya dilihat secara rendah di tempat asalnya Prancis, serta temuan tersebut diteruskan ke Britania, di mana Richard Trevithick melaksanakan gerobak- uap pada tahun 1801. Kendaraan tersebut dikira aneh pada awal mulanya, tetapi temuan dalam dekade setelahnya, semacam rem tangan, transmisi multi- kecepatan, serta kenaikan kecepatan serta setir, buatnya sukses.

Saat ini ini, Amerika mempunyai mobil lebih banyak dari negeri yang lain. Jepang mengetuai dalam pembuatan mobil, namun penduduk Jepang tidak sanggup membiayai seluruh keperluan mobil, semacam tempat parkir yang terbatas lahannya, harga bahan bakar yang mahal, serta warga yang memilah kendaraan universal.


Inovasi Mobil


Paten mobil awal di Amerika Serikat dikasih kepada Oliver Evans pada 1789; pada 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang bukan cuma mobil awal di AS namun pula ialah kendaraan amfibi awal, yang kendaraan tenaga uapnya mampu jalur di darat memakai roda serta di air memakai roda padel.

Biasanya mobil awal mesin pembakaran dalam yang memakai bensin terbuat nyaris bertepatan pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah. Karl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim, serta Gottlieb Daimler serta Wilhelm Maybach di Stuttgart.

Pada 5 November 1895, George B. Selden diberikan paten AS untuk mesin mobil dua tak. Paten ini memberi dampak negatif pada perkembangan industri mobil di AS. Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz pada 1888. Mesin uap, listrik, dan bensin bersaing untuk beberapa dekade, dengan mesin bensin pembakaran dalam meraih dominasi pada 1910-an.

Garis produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan oleh Oldsmobile pada 1902, dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910-an. Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an perkembangan teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah besar (ratusan) pembuat mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih perhatian dunia.







Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil Cadillac pada tahun 1910–1911), suspensi independen, dan rem empat ban.

Pada tahun 1930-an, kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di kemudian hari dan diberikan kredit ke orang lain. Misalnya, pengemudian roda-depan diciptakan kembali oleh Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah muncul pada awal 1897).

Setelah 1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis berpasan dengan industri saling bergabung dan matang. Sejak 1960, jumlah produsen hampir tetap, dan inovasi berkurang. Dalam banyak hal, teknologi baru hanya perbaikan dari teknologi sebelumnya. Dengam pengecualian dalam penemuan manajemen mesin, yang masuk pasaran pada 1960-an, ketika barang-barang elektronik menjadi cukup murah untuk produksi massal dan cukup kuat untuk menangani lingkungan yang kasar pada mobil. Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi dan tenaga.

sumber: wikipedia
Powered by Blogger